Sikap adalah suatu konsep penting dalam psikologi
sosial.Menurut Mowen dan Minor kepercayaan konsumen adalah pengetahuan konsumen
mengenai suatu objek,atribut dan manfaatnya.Pengetahuan tersebut berguna dalam
mengkomunikasikan suatu produk dan atributnya kepada konsumen.Sikap
menggambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut tersebut.Komponen
yang membentuk sikap yang utuh yaitu :
1.Kognitif
Berisi kepercayaan seseorang mengenai apa yang berlaku atau
apa yang benar bagi objek sikap. Sekali kepercayaan itu telah terbentuk maka ia
akan menjadi dasar seseorang mengenai apa yang dapat diharapkan dari objek
tertentu.
2.Afektif
Menyangkut masalah emosional subjektif seseorang terhadap suatu objek sikap. Secara umum komponen ini disamakan dengan perasaan yang dimiliki objek tertentu.
3. Konatif
Komponen konatif atau komponen perilaku dalam struktur sikap menunjukkan bagaimana perilaku atau kecenderungan berperilaku dengan yang ada dalam diri seseorang berkaitan dengan objek sikap yang dihadapi.
Dengan adanya pengaruh sikap dan prilaku yang berbeda beda dari konsumen itu sendiri maka organisasi bisnis mengembangkan strategi pemasaran untuk merangsang pembeli dengan cara membuat inovasi baru dan dikemas semenarik mungkin.Contoh dari produk yang membuat konsumen tertarik adalah makanan ringan yang ada disuper market,perusahaan makanan ringan akan berusaha memberikan inovasi plastik pembungkus makanan tersebut dengan gambar gambar yang menarik agar konsumen tertarik dan membeli makanan ringan tersebut.
Sumber :
http://restulustig.blogspot.com/2012/11/pengaruh-sikap-dan-prilaku.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar