1.Segmentasi pasar
-Proses
dimana pasar dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri dari orang orang dengan
berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama dan mengarahkan mereka untuk
mesrespon tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu
dalam cara yang sama.
-Kegiatan
membagi bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan
satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.
Dari
definisi diatas segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi pasar menjadi
kelompok pembeli yang terbedakan atas kebutuhan maupun karakteristik
berbeda,perusahaan membagi pangsa pasar ke dalam segmen-segmen pasar tertentu
dimana masing-masing segmen bersifat homogen(sama).
2.Manfaat Segmentasi Pasar
-Mengidentifikasi
pengembangan produk baru
-Memperbaiki
alokasi strategi sumber daya pemasaran
-Membantu
dalam mendesain program-program pemasaran yang paling efektif
-Untuk
mencapai kelompok-kelompok pelanggan yang homogeny dengan memusatkan perhatian pada suatu golongan tertentu,untuk
mempermudah dalam menetapkan harga sesuai dengan kondisi ekonomi mereka.
3.Klasifikasi Variabel Segmentasi Berdasarkan
Ancangan Objektif dan Subjektif
Kategori Resiko Deskripsi Contoh
-General Level(konsumsi) -Usia,tingkat pendidikan -Gaya hidup
area
geografis
-Domain specific Level -Frekuensi pemakaian -Persepsi
(kelas produk)
-Specific Level(merek) -Frekuensi pemakaian -Minat pembelian
4.Syarat-syarat segmentasi pasar yang efektif
-Ukuran yang tepat calon pelanggan yang memadai dalam
setiap segmen
-Tanggapan yang berbeda segmen-segmen harus menanggapi
secara berbeda saru atau lebih variable pemasaran.Variabel-variabel segmentasi
harus memaksimalkan perbedaan perilaku antar segmen
-Mudah dicapai segmen-segmen didefinisikan untuk
mendukung target pemasaran.Variabel-variabel segmentasi harus mengidentifikasi
anggota-anggota yang dapat mendukung kontrak mereka.
5.Menetapkan Segmentasi Pasar
Terdapat tiga falsafah dasar sebagai
pedoman bagi perusahaan untuk mendekati pasar,yaitu:
1.Pemasaran Massal,dimana para penjual
memproduksi secara massal,mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan
secara massal satu produk kepada semua pembeli.Agar biaya produksi dan harga
menjadi murah dan menciptakan pasar potensial besar.
2.Pemasaran berbagai produk,penjual
memproduksi dua macam produk atau lebih mempunyai sifat,gaya,mutu,ukuran yang
berbeda.Bahwa konsumen memiliki selera berbeda dan selalu mencari variasi
berbeda
3.Pemasaran Teraarah,penjual dapat
mengembangkan produk yang tepat untuk setiap pasar sasaran dan menyesuaikan
harga,saluran distribusi,dan iklan untuk mencapai pasar sasaran secara
efisien.Dengan menggunakan pemasaran terarah semakin dekat dengan bentuk
pemasaran mikro,perusahaan menyesuaikan program pemasarannya pada kebutuhan dan
keinginandari segmen geografik,demografik,psikografik,tingkah laku,yang telah
ditentukan secara sempit.
Bentuk akhir dari pemasaran ini adalah
pemasaran yang disesuaikan,apabila perusahaan meneysuaikan produk dan program pemasaran
pada kebutuhan pelanggan secara spesifik.
Tiga langkah dalam pemasaran terarah :
-Pemosisian Pasar
5.Mengembangkan pemosisian untuk
setiap sasaran
3.Mengembangkan ukuran daya tarik
segmen
-Segmentasi Pasar
,, 2.Mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan
1 1.Mengenali basis untuk membuat segmentasi pasar.
a
Pertama,segmentasi pasar membagi pasar
menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan,karakteristik dan
tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran
terpisah.
Langkah kedua,mentargetkan pasar yakni
mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih beberapa segmen pasar
untuk dimasuki.
Langkah ketiga,memposisikan mpasar
yaitu menetapkan pemosisisan bersaing untuk produk dan menciptakan bauran
pemasaran yang terinci.
6.Membuat Segmentasi
Pasar Konsumen
Terdapat beberapa variable utama yang
sering digunakan untuk menentukan segmentasi pasar,yakni variable
geografik,demografik,psikografik dan tingkah laku tertentu.
1.Segmentasi Geografik
Membagi mpasar menjadi beberapa unit
secara geografik seperti,negara,regional,propinsi,kota,wilayah,kecamatan dan
kompleks perumahan.Banyak perusahaan merigionalkan program pemasaran produknya,
dengan melokalkan produk,iklan,promosi,dan usaha penjualan agar sesuai dengan
kebutuhan masing-masing regional,kota,bahkan kompleks perumahan.
2.Analisis Demografi
Membagi pasar menjadi kelompok berdasarkan pada variable seperti jenis kelamin,umur,status perkawinan,jumlah
keluarga,pendapatan,umur anak,jabatan,agama,ras atau
kebangsaan,pendidikan,kepemilikan rumah.
Faktor-faktor demografik
ini adalah dasar paling populer untuk membuat segmen kelompok konsumen.Alasan
utama yakni,kebutuhan konsumen,keinginan konsumen,dan mudah diukur.Jika segmen
pasar mula-mula ditentukan menggunakan dasar lain,maka karakteristik demografik
pasti diketahui agar mengetahui besar pasar sasaran untuk menjangkau secara
efisien.
A.Umur
dan tahap daur hidup
Perusahaan
menggunakan segmentasi umur dan daur hidup,untuk menawarkan produk
berbeda.Contohnya : makanan ringan ‘’ciki’’ produknya untuk konsumsi kaum
anak-anak dan remaja.
B.Jenis
kelamin
Perusahaan
menggunakan segmentasi jenis kelamin untuk memasarkan produknya.Contohnya :
pakaian,kosmetik dan majalah serta parfume.
C.Pendapatan
Pemasar
produk telah lama menggunakan pendapatan menjadi segmentasi pemasaran produk
dan jasanya,seperti : mobil,kapal,pakaian,kosmetik dan jasa transportasi.Banyak
perusahaan membidik konsumen kaya dengan barang-barang mewah dan jasa yang
memberikan kenyamanan dan keselamatan ekstra,tetapi ada juga perusahaan kecil
yang membidik konsumen dengan level sosial ekonomi mengah kebawah.
3.Segmentasi
Demografik Multivariasi
Perusahaan
yang mensegmentasi pasar dengan menggabungkan dua atau lebih variable
demografik.Contohnya : segmentasi pasar diarahkan pada umur dan jenis kelamin.
4.Segmentasi
Psikografik
Membagi
pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada kelas social,gaya hidup dan
kepribadian.
-Kelas
Sosial
Mempunyai
pengaruh kuat pada pemilihan jenis mobil,pakaian,perbot rumah tangga,property
dan rumah.
-Gaya
Hidup
Minat
manusia dalam berbagai barang dipengaruhi oleh gaya hidup,dan barang yang
mereka beli mencerminkan gaya hidup tersebut.Banyak produsen mensegmentasi
pasar berdasarkan gaya hidup konsumennya.Contohnya : produsen yang
mengembangkan desain produknya sesuai dengan selera dan gaya hidup remaja.
-Kepribadian
Strategi
segmentasi pasar yang berhasil berdasarkan pada kepribadian telah dipergunakan
untuk produk rokok,kosmetik.
Sumber :
Kotler,Philip dan Gary Amstrong.1999.Principles of Marketing.Jakarta : Pentice Hall
Tidak ada komentar:
Posting Komentar