Minggu, 05 Oktober 2014

Segmentasi Pasar dan Analisis Demografi



1.Segmentasi pasar
 
-Proses dimana pasar dibagi menjadi para pelanggan yang terdiri dari orang orang dengan berbagai kebutuhan dan karakteristik yang sama dan mengarahkan mereka untuk mesrespon tawaran produk atau jasa dan program pemasaran strategis tertentu dalam cara yang sama.

-Kegiatan membagi bagi pasar yang bersifat heterogen dari suatu produk ke dalam satuan satuan pasar(segmen pasar)yang bersifat homogen.

Dari definisi diatas segmentasi pasar merupakan kegiatan membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan atas kebutuhan maupun karakteristik berbeda,perusahaan membagi pangsa pasar ke dalam segmen-segmen pasar tertentu dimana masing-masing segmen bersifat homogen(sama).

2.Manfaat Segmentasi Pasar

-Mengidentifikasi pengembangan produk baru

-Memperbaiki alokasi strategi sumber daya pemasaran

-Membantu dalam mendesain program-program pemasaran yang paling efektif

-Untuk mencapai kelompok-kelompok pelanggan yang homogeny dengan memusatkan   perhatian pada suatu golongan tertentu,untuk mempermudah dalam menetapkan harga sesuai dengan kondisi ekonomi mereka.

3.Klasifikasi Variabel Segmentasi Berdasarkan Ancangan Objektif dan Subjektif

Kategori Resiko                                Deskripsi                                     Contoh

-General Level(konsumsi)               -Usia,tingkat pendidikan            -Gaya hidup
                                                                area geografis

-Domain specific Level                   -Frekuensi pemakaian                -Persepsi
(kelas produk)

-Specific Level(merek)                   -Frekuensi pemakaian                 -Minat pembelian


4.Syarat-syarat segmentasi pasar yang efektif

-Ukuran yang tepat calon pelanggan yang memadai dalam setiap segmen

-Tanggapan yang berbeda segmen-segmen harus menanggapi secara berbeda saru atau lebih variable pemasaran.Variabel-variabel segmentasi harus memaksimalkan perbedaan perilaku antar segmen

-Mudah dicapai segmen-segmen didefinisikan untuk mendukung target pemasaran.Variabel-variabel segmentasi harus mengidentifikasi anggota-anggota yang dapat mendukung kontrak mereka.

5.Menetapkan Segmentasi Pasar  

Terdapat tiga falsafah dasar sebagai pedoman bagi perusahaan untuk mendekati pasar,yaitu:

1.Pemasaran Massal,dimana para penjual memproduksi secara massal,mendistribusikan secara massal, dan mempromosikan secara massal satu produk kepada semua pembeli.Agar biaya produksi dan harga menjadi murah dan menciptakan pasar potensial besar.

2.Pemasaran berbagai produk,penjual memproduksi dua macam produk atau lebih mempunyai sifat,gaya,mutu,ukuran yang berbeda.Bahwa konsumen memiliki selera berbeda dan selalu mencari variasi berbeda

3.Pemasaran Teraarah,penjual dapat mengembangkan produk yang tepat untuk setiap pasar sasaran dan menyesuaikan harga,saluran distribusi,dan iklan untuk mencapai pasar sasaran secara efisien.Dengan menggunakan pemasaran terarah semakin dekat dengan bentuk pemasaran mikro,perusahaan menyesuaikan program pemasarannya pada kebutuhan dan keinginandari segmen geografik,demografik,psikografik,tingkah laku,yang telah ditentukan secara sempit.

Bentuk akhir dari pemasaran ini adalah pemasaran yang disesuaikan,apabila perusahaan meneysuaikan produk dan program pemasaran pada kebutuhan pelanggan secara spesifik.

Tiga langkah dalam pemasaran terarah :

-Pemosisian Pasar

6.Mengambangkan bauran pemasaran setiap segmen sasaran   
5.Mengembangkan pemosisian untuk setiap sasaran

-Pentargetan Pasar

4.Menyeleksi segmen sasaran 
3.Mengembangkan ukuran daya tarik segmen 

      -Segmentasi Pasar

,,     2.Mengembangkan profil dari segmen yang dihasilkan
1    1.Mengenali basis untuk membuat segmentasi pasar.

a    

 Pertama,segmentasi pasar membagi pasar menjadi kelompok pembeli yang terbedakan dengan kebutuhan,karakteristik dan tingkah laku berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran terpisah.

 Langkah kedua,mentargetkan pasar yakni mengevaluasi daya tarik setiap segmen pasar dan memilih beberapa segmen pasar untuk dimasuki.
 
 Langkah ketiga,memposisikan mpasar yaitu menetapkan pemosisisan bersaing untuk  produk  dan menciptakan bauran pemasaran yang terinci.

6.Membuat Segmentasi Pasar Konsumen

Terdapat beberapa variable utama yang sering digunakan untuk menentukan segmentasi pasar,yakni variable geografik,demografik,psikografik dan tingkah laku tertentu.

1.Segmentasi Geografik

Membagi mpasar menjadi beberapa unit secara geografik seperti,negara,regional,propinsi,kota,wilayah,kecamatan dan kompleks perumahan.Banyak perusahaan merigionalkan program pemasaran produknya, dengan melokalkan produk,iklan,promosi,dan usaha penjualan agar sesuai dengan kebutuhan masing-masing regional,kota,bahkan kompleks perumahan.

2.Analisis Demografi

Membagi pasar menjadi kelompok  berdasarkan pada variable seperti jenis kelamin,umur,status perkawinan,jumlah keluarga,pendapatan,umur anak,jabatan,agama,ras atau kebangsaan,pendidikan,kepemilikan rumah.
Faktor-faktor demografik ini adalah dasar paling populer untuk membuat segmen kelompok konsumen.Alasan utama yakni,kebutuhan konsumen,keinginan konsumen,dan mudah diukur.Jika segmen pasar mula-mula ditentukan menggunakan dasar lain,maka karakteristik demografik pasti diketahui agar mengetahui besar pasar sasaran untuk menjangkau secara efisien.

    A.Umur dan tahap daur hidup

Perusahaan menggunakan segmentasi umur dan daur hidup,untuk menawarkan produk berbeda.Contohnya : makanan ringan ‘’ciki’’ produknya untuk konsumsi kaum anak-anak dan remaja.

B.Jenis kelamin

Perusahaan menggunakan segmentasi jenis kelamin untuk memasarkan produknya.Contohnya : pakaian,kosmetik dan majalah serta parfume.

C.Pendapatan

Pemasar produk telah lama menggunakan pendapatan menjadi segmentasi pemasaran produk dan jasanya,seperti : mobil,kapal,pakaian,kosmetik dan jasa transportasi.Banyak perusahaan membidik konsumen kaya dengan barang-barang mewah dan jasa yang memberikan kenyamanan dan keselamatan ekstra,tetapi ada juga perusahaan kecil yang membidik konsumen dengan level sosial ekonomi mengah kebawah.

3.Segmentasi Demografik Multivariasi

Perusahaan yang mensegmentasi pasar dengan menggabungkan dua atau lebih variable demografik.Contohnya : segmentasi pasar diarahkan pada umur dan jenis kelamin.

4.Segmentasi Psikografik

Membagi pembeli menjadi kelompok berbeda berdasarkan pada kelas social,gaya hidup dan kepribadian.

-Kelas Sosial
Mempunyai pengaruh kuat pada pemilihan jenis mobil,pakaian,perbot rumah tangga,property dan rumah.

-Gaya Hidup
Minat manusia dalam berbagai barang dipengaruhi oleh gaya hidup,dan barang yang mereka beli mencerminkan gaya hidup tersebut.Banyak produsen mensegmentasi pasar berdasarkan gaya hidup konsumennya.Contohnya : produsen yang mengembangkan desain produknya sesuai dengan selera dan gaya hidup remaja.

-Kepribadian
Strategi segmentasi pasar yang berhasil berdasarkan pada kepribadian telah dipergunakan untuk produk rokok,kosmetik.
 
Sumber :
Kotler,Philip dan Gary Amstrong.1999.Principles of Marketing.Jakarta : Pentice Hall








 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar