Sabtu, 18 Oktober 2014

Evaluasi Alternatif Sebelum Pembelian



Di minggu sebelumnya telah dibahas mengenai Pembelian,seorang atau beberapa konsumen sebelum membeli produk atau jasa yang dibutuhkan maupun diinginkan pasti akan melakukan evaluasi alternatif terlebih dahulu.

Disini saya akan menginformasikan secara singkat hal apa saja yang sering menjadi alternative sebelum pembelian.
Kriteria evaluasi,salah satu aktivitas dalam proses pengambilan keputusan konsumen,memegang peranan penting dalam memprediksi perilaku pembelian konsumen.Saat konsumen melakukan aktivitas ini,mereka sedang mempertimbangkan atribut-atribut yang terdapat pada satu produk dan menilai atribut mana yang lebih penting untuknya yang ia gunakan sebagai dasar keputusan memilih produk (Kotler, 2005).
Beberapa kriteria evaluasi yang umum adalah :
1.Harga
Harga sangat menentukan dalam pembelian seorang konsumen.Konsumen cenderung akan memilih harga yang murah untuk suatu produk yang iya tahu spesifikasinya.Jika konsumen tidak bisa mengevaluasi kualitas produk,maka harga merupakan indikator kualitas.Oleh karena itu strategi harga hendaknya disesuaikan dengan karakteristik produk.Misalkan saja terjadi disuatu Pasar Sayuran yang dominan adalah ibu ibu,disana permainan harga pun sangat selektif.Ibu Z sedang memilih untuk membeli satu ekor ayam,di pedagang A harga satu potong ayam Rp35.000 sedangkan di pedagang BB seharga Rp.34.000 secara langsung Ibu Z akan memilih pedagang B dengan harga Rp.34.000 meskipun hanya selisih Rp.1.000
2. Nama Merk
Setelah harga kriteria evaluasi adalah merk dari produk tersebut,Ketika seorang konsumen sulit menilai kualitas produk,kepercayaan pada merk lama yang sudah memiliki reputasi baik dapat mengurangi kesalahan dalam pembelian.Biasanya merk yang terkenal atau sudah umum ada dimasyarakat banyak diminati jadi tidak heran meskipun harganya sedang naik tetapi konsumen tetap membeli pada merk yang sudah terkenal maupun merk yang sudah umum dimasyarakat.
3.Negara Asal
Negara dimana suatu produk dihasilkan menjadi pertimbangan yang penting dikalangan konsumen.Negara asal juga sering menjadi citra produk misalkan saja produk elektronik dari Jepang.
4.Kualitas
Kualitas juga menjadi alternatif bagi konsumen.Seorang konsumen akan memilih kualitas terbaik untuk mereka gunakan.Biasanya setelah mempertimbangkan harga,merk barulah kualitas.Misalkan Bapak Z ingin membeli sebuah kulkas baru maka Bapak Z akan menanyakan kepada sales kulkas mulai dari harga,kualitas dan keunggulan dari kulkas tersebut.Meskipun harganya lebih tinggi Bapak Z akan membeli kulkas dengan kualitas yang bagus seperti adanya garansi,tahan karat,dan lain lain.Merupakan conth dari sisi pemilihan alternatif kualitas.
Sumber :  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar