Minggu, 09 Maret 2014

Demokrasi


Tidak terasa bulan maret ini telah memasuki semester empat diperkuliahan,dan saya mendapatkan tugas softskill diminggu pertama mengenai ’’demokrasi’’.Pertama saya akan sharing tentang apa sih demokrasi itu?agar supaya paham terlebih dahulu maka saya akan langsung ke pengertian Demokrasi.



Demokrasi

 
Demokrasi adalah bentuk pemerintahan yang semua warga negaranya memiliki hak setara dalam pengambilan keputusan yang dapat mengubah hidup mereka. Demokrasi mengizinkan warga negara berpartisipasi baik secara langsung atau melalui perwakilan dalam perumusan, pengembangan, dan pembuatan hukum. Demokrasi mencakup kondisi sosial, ekonomi, dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara.

Kata ini berasal dari bahasa Yunani (dēmokratía) "kekuasaan rakyat",yang terbentuk dari (dêmos) "rakyat" dan (kratos) "kekuatan" atau "kekuasaan" pada abad ke-5 SM untuk menyebut sistem politik negara-kota Yunani, salah satunya Athena; kata ini merupakan antonim dari (aristocratie) "kekuasaan elit".Ada beberapa jenis demokrasi, tetapi hanya ada dua bentuk dasar. Keduanya menjelaskan cara seluruh rakyat menjalankan keinginannya. Bentuk demokrasi yang pertama adalah demokrasi langsung, yaitu semua warga negara berpartisipasi langsung dan aktif dalam pengambilan keputusan pemerintahan. Di kebanyakan negara demokrasi modern, seluruh rakyat masih merupakan satu kekuasaan berdaulat namun kekuasaan politiknya dijalankan secara tidak langsung melalui perwakilan; ini disebut demokrasi perwakilan. Konsep demokrasi perwakilan muncul dari ide-ide dan institusi yang berkembang pada Abad Pertengahan Eropa, Era Pencerahan, dan Revolusi Amerika Serikat dan Perancis.

Sumber :

Diatas sudah dijelaskan sedikit mengenai demokrasi,ternyata demokrasi mencakup banyak aspek mulai dari sosial,ekonomi dan budaya.Demokrasi ini mempersilahkan rakyat ikut serta dalam pengembangan maupun perumusan hukum.Kata Demokrasi berasal dari bahasa Yunani dan terdiri dari dua jenis Demokrasi yaitu,demokrasi langsung dan demokrasi perwakilan.Seperti pada gambar diatas seseorang yang mengikuti pemilihan umum adalah contoh dari demokrasi langsung,rakyat memilih calon presiden.

Bentuk bentuk demokrasi dalam sistem pemerintahan negara

1.Sistem Presidensial

Sistem ini menekankan pentingnya pemilihan presiden secara langsung, sehingga presiden terpilih mendapatkan mandate secara langsung dari rakyat. Dalam system ini kekuasaan eksekutif sepenuhnya berada di tangan presiden. Oleh karena itu presiden ialah kepala eksekutif dan sekaligus menjadi kepala Negara. Presiden sebagai penguasa sekaligus menjadi kepala Negara. Presiden sebagai penguasa sekaligus sebagai symbol kepemimpinan Negara. Sistem seperti ini di sebagaimana diterapkan di Negara Amerika dan Indonesia.

2.Sistem Parlementer

Sistem ini menerapkan model yang menyatu antara kekuasaan eksekutif dan legislatif. Kepala eksekutif adalah berada di tangan seorang perdana menteri. Adapun kepala negara adalah berada pada seorang ratu, misalnya di negara Inggris atau ada pula yang berada di tangan seorang presiden misalnya di India.

Sumber :

Bentuk bentuk demokrasi ada dua yaitu,sistem presidensial dan parlementer.Negara kita Indonesia bentuk pemerintahannya adalah sistem presidensial.

Demokrasi menurut para ahli

Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln

Abraham Lincoln dalam pidato Gettysburgnya mendefinisikan demokrasi sebagai “pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat”. Hal ini berarti kekuasaan tertinggi dalam sistem demokrasi ada di tangan rakyat dan rakyat mempunyai hak, kesempatan dan suara yang sama di dalam mengatur kebijakan pemerintahan. Melalui demokrasi, keputusan yang diambil berdasarkan suara terbanyak.

Menurut Prof.Dr.Drs. Notonegoro, SH

Demokrasi pancasila adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indoesia. (pengertian senada dikemudian  dikemukakan pula oleh Soemantri, SH dan Drs. S. Padmuji, MPA.)

Menurut Samuel Huntington

Demokrasi ada jika para pembuat keputusan kolektif yang paling kuat dalam sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil, jujur dan berkala dan di dalam sistem itu para calon bebas bersaing untuk memperoleh suara dan hampir seluruh penduduk dewasa dapat memberikan suara.

Sumber :

Menurut saya di Indonesia demokrasi telah berjalan sesuai dengan pengertian demokrasi itu sendiri seperti menurut Samuel Huntington bahwa sebuah sistem dipilih melalui suatu pemilihan umum yang adil,jujur dan berkala.Di Indonesia calon presiden dipilih langsung oleh rakyat melalui pemilu(pemilihan umum),dan adanya pemilu adalah untuk rakyat,oleh rakyat dan pemerintahan rakyat seperti menurut Abraham Lincoln.

Sekian yang saya ketahui sedikit mengenai demokrasi,semoga bermanfaat untuk kita semua infonya yaa

Terimakasih ^_^

Rahmadini
15212920
2EA01




 

 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar