Kamis, 30 Oktober 2014

Berbagai macam kebutuhan manusia yang tak terbatas

 

Jika membahas tentang kebutuhan manusia, maka tak lepas dari kegiatan kita sehari-hari. Dan dengan makin berkembangnya peradaban, membuat daftar kebutuhan manusia semakin kompleks. Sebelum lebih jauh membicarakan topik kita kali ini ada baiknya kita mengenal dahulu pengertian kebutuhan. Jadi kebutuhan adalah keperluan yang ada secara naluriah terhadap benda maupun jasa guna keberlangsungan hidup. 

Disadari atau tidak kebutuhan manusia bersifat tidak terbatas. Beberapa alasan mengapa tidak terbatas antara lain bertambahnya jumlah manusia, majunya peradaban manusia dan terakhir adalah kembali ke sifat manusia itu sendiri yang tidak pernah merasa puas.Kebutuhan manusia digolongkan menjadi beberapa kelompok bagian, yaitu :
 
Kebutuhan Manusia Menurut Tingkat Kepentingannya

1. Kebutuhan Primer
Adalah kebutuhan alamiah yang harus dipenuhi demi kelangsungan hidup. Misalnya: sandang, pangan, papan.
Contoh sehari hari : Makan,minum,dan pakaian.

2. Kebutuhan Sekunder
Merupakan kebutuhan pelengkap setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan ini sifatnya dapat ditunda. Contoh kebutuhan sekunder bersifat relatif dan dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kondisi sosial, geografi, tingkat ekonomi dan lain-lain Misalnya sepeda, telepon seluler dan lain-lain.

 3. Kebutuhan Tersier
Adalah kebutuhan dapat dinikmati oleh sebagian orang dengan kategori tertentu misalnya kaya, raja dll.. Contoh: villa, mobil mewah, perhiasan.dan lain-lain

Kebutuhan Manusia Berdasarkan Dari Segi Waktu Pemenuhan

1. Kebutuhan Sekarang
Ialah kebutuhan yang sangat penting dan tidak dapat ditunda dimana harus dipenuhi saat itu juga. Misalnya makan di waktu perut lapar, obat ketika badan sakit, dan lain sebagainya.

2. Kebutuhan Yang Akan Datang
Merupakan kebutuhan manusia yang tidak harus dipenuhi saat ini dan dapat ditunda pada waktu yang akan datang. Contoh: pergi bertamasya bersama keluarga yang dapat ditunda hingga dana tabungan mencukupi.

Kebutuhan Manusia Menurut Sifatnya

1. Kebutuhan jasmani
kebutuhan jasmani atau badaniah adalah kebutuhan yang bersifat jasmani agar dapat berfungsi dengan baik. Misalnya minum ketika haus, tidur saat telah merasakan kantuk.

 2. Kebutuhan rohani
Merupakan kebutuhan yang berkaitan dengan rohani. Misalkan siraman rohani dalam kehidupan beragama, rekreasi setelah melakukan aktifitas selama jangka waktu tertentu dan lain-lain.
  
Kebutuhan Manusia Berdasarkan Subjeknya

1. Kebutuhan Pribadi
Merupakan kebutuhan yang pemenuhannya berdasarkan kepentingan individu terkait. Contoh: alat pancing yang digunakan untuk kebutuhan memancing, alat tulis sebagai sarana belajar-mengajar. 

2. Kebutuhan Sosial
kebutuhan sosial ialah kebutuhan yang erat dengan kehidupan sosial. Contohnya para  murid membutuhkan kelas untuk mereka belajar,
Karena kebutuhan bersifat tidak terbatas seperti yang diuraikan diatas maka menusia dihadapkan oleh kondisi kelangkaan yang sewaktu-waktu akan menghantui. Ditambah kebutuhan yang dikejar oleh manusia bersifat terbatas dan tak kekal. Kelangkaan akan membuat harga kebutuhan menjadi naik, sedangkan asas ekonomi menyebutkan bahwa semakin langka kebutuhan maka semakin tinggi peminatnya.

Berbagai macam kebutuhan manusia memang tidak terbatas contohnya dari diri saya pribadi,saya butuh sepatu untuk pergi ke sekolah otomatis saya akan pergi ke mall untuk membelinya sambil jalan jalan.Disana saya sudah mendapatkan sepatu yang saya butuhkan lalu mba yang melayani saya ketika membeli sepatu menawarkan sepatu model baru dan sedang diskon, pastinya saya membeli…hehe

Setelah selesai membeli sepatu ternyata saya juga butuh buku untuk menulis karena dirumah persediaan buku tulis telah habis jadi saya pergi ke toko buku untuk membelinya.

Begitulah seterusnya kebutuhan pada manusia yang tak pernah terbatas,jangan lupa bila membeli barang maka belilah dengan sesuai uang yang kita punya agar tidak terjadi pemborosan pada pembelanjaan.

Sumber :

 

Rabu, 29 Oktober 2014

Sikap motivasi dan mawas diri

Pengertian motivasi
Menurut istilah adalah suatu proses untuk menggiatkan motif-motif menjadi perbuatan atau tingkah laku untuk memenuhi kebutuhan dan mencapai tujuan atau keadaan dan kesiapan dalam diri individu yang mendorong tingkah lakunya untuk berbuat sesuatu dalam mencapai tujuan.

Empat area utama motivasi manusia adalah makanan, cinta, seks dan pencapaian. Tujuan-tujuan yang mendasari motivasi ditentukan sendiri oleh individu yang melakukannya, individu dianggap tergerak untuk mencapai tujuan karena motivasi intrinsik (keinginan beraktivitas atau meraih pencapaian tertentu semata-mata demi kesenangan atau kepuasan dari melakukan aktivitas tersebut), atau karena motivasi, yakni keinginan untuk mengejar suatu tujuan yang diakibatkan oleh imbalan-imbalan eksternal. disamping itu terdapat pula faktor yang lain yang mendukung diantaranya ialah faktor internal yang datang dari dalam diri orang itu sendiri.

Mawas diri
Menurut kamus Beasar Bahasa indonesia, edisi kedua, balai pustaka 1993, ialah melihat(memeriksa dan mengoreksi) diri sendiri secara jujur,instropeksi, kita harus mawas diri agar kita jangan membuat kesalahan yang sama.

Pada hakekatnya belajar adalah panggilan hidup. Jadi bagi orang beriman, setidaknya sudah jelas satu tujuan mempertanggung jawabkan kehidupan di hadapan Yang Maha Kuasa. Hal itu berarti,sebisanya kita perlu belajar menjadi orang sebagaimana kita dimaksudkan Sang Pencipta.

Demikian pula kondisi otak kita bertumbuh dan berkembang sesuai dengan kuantitas dan kulitas asupan. Semakin banyak kita belajar, semakin berkembang fungsi otak kita, semakin lebih termotivasi lagi untuk mencari tahu- belajar. Jadi bisa kita simpulkan bahwa sudah hakikinya manusia memiliki motivasi belajar.

Apabila pada sejumlah orang tidak nampak termotivasi, berarti mereka sudah belajar lewat satu dan lain kondisi, menjadi orang yang tidak termotivasi untuk belajar ., atau mereka tidak memiliki kejelasan tentang tujuan hidupnya. Andaikan mereka berupaya memperjelas tujuan hidupnya, dan menghapus hasil belajar (’de-learning’) yang keliru, maka motivasinya akan nampak.

Meskipun tiap orang memiliki motivasi belajar, ada orang yang termotivasi dari dalam dirinya – ’ intrinsic’ , ada juga yang termotivasi dari luar – ’extrinsic’ . Mereka yang motivasi belajarnya bersifat intrinsik biasanya berorientasi ’inner locus of control’ . Mereka secara teratur mempertanyakan ke dirinya : ”Apa yang sudah saya pelajari ? Apa yang bisa saya laku kan untuk menambah dan memperbaikinya, mengembangkannya? Apakah saya sudah cukup berupaya?, masih bisa ditingkatkankah upaya saya ? dst. Yang pada hekekatnya, melakukan monitoring diri.

Bersikap Mawas Diri
Mawas diri menurut Marbangun Hardjowirogo ialah meninjau ke dalam, hati nurani kita guna mengetahui benar tidaknya, suatu tindakan yang telah di ambil secara teknis psikiologis usaha tersebut dapat dinamakan juga instropeksi yang pada dasarnya ialah pencarian tanggung jawab ke hati nurani mengenai suatu perbuatan.

Salah satu sikap mawas yang perlu dijaga adalah mawas akan kosakata yang Anda ungkapkan baik ke diri maupun ke luar. Kosa-kata yang Anda pakai mencerminkan siapa Anda tetapi juga membentuk diri Anda. Mawas diri menurut kamus Beasar Bahasa indonesia, edisi kedua, balai pustaka 1993, ialah melihat memeriksa dan mengoreksi) diri sendiri secara jujur,instropeksi, kita harus mawas diri agar kita janagan membuat kesalahan yang sama.

Mawas diri menurut Marbangun Hardjowirogo ialah meninjau ke dalam, hati nurani kita guna mengetahui benar tidaknya suatu tindakan. Secara teknis psikiologis usaha tersebut dapat dinamakan juga instropeksi yang pada dasarnya ialah pencarian tanggung jawab ke hati nurani mengenai suatu perbuatan. orang jawa sering berbicara tentang mawas diri dan berusaha pula untuk mempraktikkannya guna mendapatkan jawaban atas persoalan yang di hadapinya yakni apakah suatu perbuatan yang di lakukannya, suatu tindakan yang di ambilnya secara moral dapat di benarkan dan dapat di pertanggung jawabkan, adapun jawaban yang di cari adalah menelaah hati nurani.

Motivator yang terkenal dan yang sangat banyak membuat orang termotivasi adalah Om Mario Teguh.Saya pribadi sangat kagum dengan kata kata motivasi dari Pak Mario Teguh.Bila sedang asyik membaca kata kata motivasi dari facebook makin semangat untuk menjalani hari hari deh jadinya..hehe

Tentunya sangat bangga memiliki seorang motivator asal Indonesia,semoga tambah banyak motivator yang dapat memotivasi kita semua.Tetapi motivasi yang utama adalah dari diri kita sendiri.

Sumber :
http://yogifajarpebrian13.wordpress.com/2011/12/22/sikap-motivasi-dan-mawas-diri/

Sumber daya konsumen dan pengetahuan



Sebelum seorang konsumen membeli barang atau jasa pasti membutuhkan alat untuk tukar menukar yaitu uang untuk membeli produk tersebut.Disini saya akan menjelaskan sumber daya konsumen dan pengetahuan.

Sumber Daya Konsumen 

Sumber daya konsumen adalah segala sumber daya yang mempengaruhi konsumen untuk membeli barang atau jasa. Sumber daya konsumen ada 3 macam, yaitu : 

1.Sumber daya ekonomi  
Adalah segala sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong sumber daya alam maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat.
Uang adalah alat transaksi yang sangat diperlukan oleh konsumen untuk membeli produk. Keputusan Konsumen sehubungan dengan produk dan merek sangat  dipengaruhi oleh jumlah sumber daya ekonomi misalnya uang. Tanpa uang konsumen tidak bisa membeli apapun.  Pembelian sangat dipengaruhi oleh pendapatan konsumen sama halnya dengan, harapan konsumen mengenai pendapatan masa datang menjadi variabel penting dalam meramalkan perilaku konsumen.
Potensi sumber daya ekonomi atau lebih dikenal dengan potensi ekonomi pada dasarnya dapat diartikan sebagai sesuatu atau segala sesuatu sumber daya yang dimiliki baik yang tergolong pada sumber daya alam (natural resources/endowment factors) maupun potensi sumber daya manusia yang dapat memberikan manfaat (benefit) serta dapat digunakan sebagai modal dasar pembangunan (ekonomi) wilayah tingkat ketergantungan terhadap sumber daya secara struktural harus bisa dialihkan pada sumber daya alam lain. Misalnya, penggunaan energi sinar matahari, panas bumi, atau gelombang laut termasuk angin, akan dapat mengurangi ketergantungan manusia terhadap sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. 

2.Sumber daya sementara
 Adalah sumber daya yang bisa menghemat waktu, keinginan manusia ingin membeli barang dan jasa yang tujuananya menghemat waktu yang ada.
Barang yang Menggunakan Waktu
Produk yang memerlukan pemakaian waktu dalam mengkonsumsinya. Contoh: menonton TV, memancing, golf, tennis (waktu Senggang) tidur, perawatan pribadi, pulang pergi (waktu wajib)
      Barang Penghemat Waktu.
Produk yang menghemat waktu memungkinkan konsumen meningkatkan waktu leluasa mereka. Contoh: oven microwave, pemotong rumput, fast food.

3.Sumber daya kognitif
Sumberdaya Kognitif menggambarkan kapasitas mental yang tersedia untuk menjalankan berbagai kegiatan pengolahan informasi Alokasi Kapasitas Kognitif dikenal sebagai perhatian (attention). Perhatian terdiri dari dua dimensi:

1.Arahan (direction) menggambarkan fokus perhatian
2.Intensitas mengacu pada jumlah kapasitas yang difokuskan pada arahan tertentu. Karena kapasitas tersebut terbatas, orang harus selektif dalam apa yang mereka perhatikan dan berapa banyak perhatian dialokasikan selama pengolahan informasi.
Pengertian sumber daya kognitif adalah kemampuan untuk secara lebih tepat merepresentasikan dunia dan melakukan operasi logis dalam representasi konsep yang berdasar pada kenyataan. Teori ini membahas munculnya dan diperolehnya skema tentang bagaimana seseorang mempersepsikan lingkungannya dalam tahapan-tahapan perkembangan, saat seseorang memperoleh cara baru dalam merepresentasikan informasi secara mental. Teori ini digolongkan ke dalam konstruktivisme. 

Pengetahuan 

Pengetahuan Konsumen adalah semua informasi yang dimiliki konsumen mengenai berbagai macam produk, serta pengetahuan lainnya yang terkait dan informasi yang berhubungan dengan fungsinya sebagai konsumen. Dalam hal ini pengetahuan konsumen amat diperlukan. Karena, hal ini dapat mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian. Apa yang dibeli, berapa banyak yang dibeli, dimana membeli dan kapan membeli akan tergantung kepada pengetahuan. Pengetahuan Konsumen terbagi kedalam tiga macam, yaitu Pengetahuan Produk, Pengetahuan Pembelian, Pengetahuan Pemakaian.
  
1.Pengetahuan Produk
Adalah kumpulan berbagai macam informasi mengenai produk. Pengetahuan ini meliputi kategori produk, merek terminologi produk atribut atau fitur, harga produk dan kepercayaan mengenai produk.  
2.Pengetahuan Pembelian
Terdiri atas pengetahuan tentang toko, lokasi produk di dalam toko dan penempatan produk yang sebenarnya di dalam toko tersebut. Pengetahuan Konsumen cenderung lebih senang mengunjungi toko yang sudah dikenalnya untuk berbelanja, karena telah mengetahui dimana letak produk di dalam toko tersebut. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja atau melakukan pembelian. Hal ini akan memudahkan konsumen untuk berbelanja karena konsumen bisa menghemat waktu dalam mencari lokasi produk. Menurut Petter dan Olson (1999), perilaku membeli meliputi store contact, product contact, dan Transaction.
1.Store contact meliputi tindakan mencari outlet, pergi ke outlet dan memasuki outlet.
2.Product contact, konsumen akan mencari lokasi produk, mengambil produk tsb dan membawanya ke kasir
3.Transaction, konsumen akan membayar produk tersebut  dengan tunai, kartu kredit, kartu debet atau alat pembayaran lainnya.

3.Pengetahuan Pemakaian
Yaitu suatu produk akan memberikan manfaat kepada konsumen jika produk tersebut  telah digunakan/ dikonsumsi. Agar produk tersebut bisa memberikan manfaat yang maksimal dan kepuasan yg tinggi, maka konsumen harus bisa menggunakan/ mengkonsumsi produk tersebut dengan benar. Produsen berkewajiban untuk memberikan informasi yang cukup agar konsumen mengetahui cara pemakaian suatu produk. Pengetahuan pemakaian suatu produk adalah penting bagi konsumen.

Mengukur Pengetahuan
Cara yang paling nyata dalam mengukur kemampuan pengetahuan adalah menilai secara langsung isi ingatan. Beberapa indikator pengukur pengetahuan antara lain
1.   Pengetahuan Objektif (Objective Knowledge)
Pengukuran yang menyadap apa yang benar-benar sudah disimpan oleh konsumen di dalam ingatan
2.   Pengetahuan Subjektif (Subjective Knowledge)
Dipengaruhi oleh kepercayaan diri seseorang yaitu bahwa orang yang percaya diri mungkin melaporkan secara berlebihan tingkat pengetahuan mereka (Engel, Blackwell & Miniard, 1994, p.331-332)

Sumber :

Sabtu, 25 Oktober 2014

Merkuri Oh No !



CIRI CIRI DAN BAHAYA KOSMETIK BERMERKURI

1. CIRI CIRI KOSMETIK BERMERKURI

TIPS MEMBEDAKAN KRIM MERKURI BAGI PENGGUNA KOSMETIK

Selain dengan Pemeriksaan LABORATORIUM untuk mengetahui Kadar merkuri didalam suatu Krim.
Sebenarnya Krim merkuri mempunyai ciri yang sangat khas.

Ciri-ciri itu sebagai berikut :

1. Krim Pada umumnya lengket.

Sebagian lagi ada yang mencampurkan merkuri dengan bedak dingin (bedak jerawat), agar tampak lebih encer.
2. Krim pada umumnya tidak HOMOGEN (tidak menyatu & kasar), bila didiamkan minyak akan terpisah dengan bagian padat.

3. Bau logam merkuri tercium atau sebagian menggunakan parfum menyengat untuk menghilangkan bau logam merkuri tersebut.

4. Warna umumnya sangat mencolok, karena tidak menggunakan bahan pewarna utk kosmetik, umumnya menggunakan bahan pewarna tekstil (cap kupu-kupu) warna kuning dan warna krim putihnya pearly (mengkilat seperti mutiara).

5. Bila diusapkan pada kulit lengan terasa panas dan gatal.

6. Pada pemakaian awal meyebabkan Iritasi pada kulit dan kemerahan bila terkena sinar matahari.

7. Warna Putih pada kulit tidak lazim, umumnya pucat.

8. Kulit dapat berubah putih dalam waktu singkat (kurang 1 minggu, tergantung kadar kandungan merkuri, makin tinggi makin lebih cepat memberikan warna putih).

9. Tidak timbul jerawat sama sekali, hal ini disebabkan lapisan kulit epidermis kita telah rusak, kulit sudah tidak mengandung protein & melanin yang berfungsi utk melindungi radiasi paparan matahar juga sdh tdk berfungsi, sehingga jasad renik ataupun kuman tidak akan menyukai kulit yang telah tercemar merkuri termasuk nyamuk sekalipun.

Jerawat dalam keadaan normal adalah berfungsi sebagai indikator tingkat kandungan protein di dalam kulit, hal ini juga untuk mengontrol perawatan kulit wajah, bila anda lupa untuk melakukan kebersihan wajah, umumnya jerawat akan timbul, pada merkuri hal ini tidak terjadi lagi, karena struktur protein kulitnya telah berubah & menjadi rusak.

10. Pori-pori tampak mengecil & halus, ini sebenarnya disebabkan lapisan kulit terluar wajah kita telah tipis & tergerus oleh logam merkuri, tampak sepintas terlihat mengecil & halus. Untuk mengujinya anda bisa merasakan dengan mencobanya pada sinar matahari, kulit terasa terbakar, gatal disertai kemerahan, hal ini dikarenakan kulit wajah sdh tidak mendapat perlindungan dari melanin yang berfungsi melindungi wajah kita dari radiasi matahari. Pada produk yang benar, pemakaian siang hari selalu menggunakan pelindung SPF sehingga pada siang hari anda tidak akan merasakan rasa iritasi seperti terakar disertai rasa gatal.

11. Bila anda telah tercemar merkuri & pemakaian dihentikan, akan timbul jerawat kecil-kecil disertai rasa gatal.
12. Bila pemakaian dihentikan akan bintik-bintik hitam di bawah kulit sebagian ataupun merata diwajah.

13. Warna Putih pada kulit wajah lama-kelamaan akan berubah menjadi abu-abu lalu selanjutnya kehitaman.

14. untuk lebih lanjutnya dapat menyebabkan kanker kulit, kerusakan jaringan tubuh & menyebabkan kematian.

15. Dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan cacat & kematian pada JANIN.

Krim merkuri juga dapat diidentifikasi dari gejala keracunan metabolisme tubuh, dengan gejala sbb :
1. Pusing,
2. Di orientasi ruang,
3. Mual-mual,
4. Tremor (gemetar),
5. Susah Tidur,
6. Gangguan Penglihatan,
7. Gangguan Emosi,
8. Depresi.
9. Serta Lupa (pikun).

Aduh untuk kaum hawa termasuk saya harus selalu berhati hati yaa dalam memakai kosmetik,sekarang banyak kosmetik palsu yang dijual semata mata hanya mengejar keuntungan,kesehatan dan keselamatan pun tidak diperhatikan lagi.Maka dari itu harus tetap waspada,daiatas saya telah berbagi informasi tentang ciri ciri bahaya kosmetik bermerkuri.Kita sebagai pengguna harus cermat membeli kosmetik yang akan kita pakai.Cara mengetahui kadar merkuri yang saya tahu misalkan pada bedak,pertama bedak di tempelkan pada tangan lalu bedak yang  telah ditempel ditangan digosokkan menggunakan emas seperti cincin emas.Bila bedak menjadi warna kehitaman yang mencolok berarti kandungan merkuri sangat tinggi guys,silahkan dicoba.

Sumber:
 public warning -penerangan kesehatan